Memperingati Hari Pangan Sedunia & Menyambut 100 Tahun CM di Indonesia

Pelaksanaan PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) Teknik Industri UKWMS, salah satunya dalam Penyelenggaraan Proyek Desa, direalisasikan di Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, tepatnya di Gubug Lazaris.

Ada 2 kegiatan utama pada 15-16 Oktober 2022. Pertama, penanaman pohon sebagai salah satu upaya nyata dalam pelestarian lingkungan. Kedua, sarasehan dengan topik “Keamanan Pangan” dengan Pembicara: Dr. Ir. Ivan Gunawan, ST, MMT, IPM dari Prodi Teknik Industri UKWMS bersama Romo Paulus Jauhari Atmiko, C.M. Poin dari Pak Ivan, antara lain: lebih peduli dalam memilih bahan pangan yang sehat dan aman untuk jangka panjang, hindari pengawet dan rekayasa genetika bahan pangan yang tidak sehat. Selain itu, hindari perilaku membuang makanan dengan membiasakan diri mengambil makanan dalam porsi secukupnya. Sedangkan Romo Jo (panggilan akrab Romo Jauhari) menekankan pada pelestarian alam untuk mendukung penyediaan pangan organik.

Teknik Industri melibatkan 5 mahasiswa (Yulius Afendi, Alvito Dean Locta, Ifan Yulianto, Fahruddin Fahmi Apta, dan Rahma Tri Wahyuastuti) dalam Proyek Desa tersebut. Mahasiswa berbagi pengetahuan yang didapat selama perkuliahan, antara lain: Penggunaan media sosial untuk sarana pemasaran produk, termasuk produk pangan organik. Selain sebagai sarana promosi produk pangan organik, berbagai media sosial juga bermanfaat untuk sosialisasi dan edukasi pentingnya mengonsumsi pangan organik dan upaya-upaya pelestarian alam.

Acara dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari Kecamatan Pare dan sekitarnya, termasuk para petani hidroponik dan petani binaan Dinas Pertanian Kota Kediri.