FAQ SIPENAMAS®

Ini adalah pertanyaan umum seputar SIPENAMAS® dari para peneliti dan pelaksana ABDIMAS. Mohon dilihat/ dibaca disini dahulu sebelum menanyakannya ke LPPM.

Q: Bagaimana cara untuk mendapatkan ‘USERNAME‘ dan ‘PASSWORD‘ untuk SIPENAMAS®?
A: Gunakan USERNAME dan PASSWORD siter pegawai UKWMS, karena SIPENAMAS tidak menyimpan data tersebut secara mandiri

Q: Bagaimana cara memperoleh USERNAME dan PASSWORD siter pegawai UKWMS?
A: Silakan menghubungi bagian kepegawaian di BAU/ Biro Administrasi Umum UKWMS

Q: Bagaimana cara mendapatkan ulang USERNAME dan PASSWORD yang terlupakan karena sudah lama tidak dipakai?
A: Silakan menghubungi bagian kepegawaian di BAU/ Biro Administrasi Umum UKWMS

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk mengajukan proposal penelitian/ ABDIMAS di situs SIPENAMAS®?
A: Lakukan langkah berikut: (1) login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id; (2) pada MODUL PENELITI, klik ‘Pengajuan PENELITIAN’ atau ‘Pengajuan ABDIMAS’ dan melakukan klik ‘Add’; (3) tuliskan judul Penelitian/ ABDIMAS, Skim penelitian, dan tambahkan nama anggota pada kelompok Penelitian/ ABDIMAS; (4) isi lengkap semua entry pada tab ‘DETAIL’; (5) klik ‘FINAL’ pada pojok kanan atas untuk mengindikasikan bahwa judul, anggaran, dan anggota sudah permanen; (6) beritahu semua anggota Penelitian/ ABDIMAS untuk bersedia menjadi anggota dan tunggu sampai semua anggota sudah setuju; (7) klik tab ‘Lembar Pengesahan’ dan ‘GENERATE’ lembar pengesahan untuk melihat isinya apakah sudah sesuai dan klik ‘Set Final’ agar DEKAN dapat menyetujui lembar pengesahan tersebut; (8) beritahukan DEKAN bahwa Anda akan melakukan Penelitian/ ABDIMAS agar menyetujuinya dan setelah DEKAN setuju maka akan keluar QR code di kiri bawah; (9) unduh lembar pengesahan lewat tombol sebelah kanan atas dan sisipkan lembar pengesahan tersebut pada proposal; (10) Upload proposal di SIPENAMAS.

Q: Berapa jumlah anggota peneltian dan ABDIMAS yang berlaku di UKWMS lewat SIPENAMAS?
A: Jumlah anggota penelitian dan ABDIMAS dapat berubah sesuai dengan peraturan yang ada di DIKTI. Saat ini jumlah anggota penelitian adalah antara 1 orang (minimum) sampai 3 orang (maksimum). Jumlah anggota ABDIMAS adalah antara 1 orang (minimum) sampai 4 orang (maksimum). Sebagai catatan, pada program ABDIMAS, pada akhir periode harus ada minimum 2 mahasiswa yang terlibat di dalam kegiatan ABDIMAS tersebut dan ditunjukan pada halaman pengesahan ABDIMAS.

Q: Berapa jumlah kegiatan penelitian dan ABDIMAS yang dapat saya lakukan dalam satu tahun anggaran di UKWMS lewat SIPENAMAS?
A: Jumlah kegiatan penelitian setiap tahun anggaran adalah 1 penelitian sebagai KETUA dan 3 penelitian sebagai ANGGOTA. Jumlah kegiatan ABDIMAS setiap tahun anggaran adalah 1 ABDIMAS sebagai KETUA dan 3 ABDIMAS sebagai ANGGOTA. Kegiatan penelitian dan ABDIMAS dalam hal ini tidak saling berhubungan.

Q: Bagaimana cara mendapatkan panduan skema Penelitian/ ABDIMAS, template penulisan proposal Penelitian/ ABDIMAS, dan template untuk laporan Penelitian/ ABDIMAS
A: Login ke login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id dan pada TAB paling kanan (warna merah), terdapat informasi tentang ‘PANDUAN & TEMPLATE

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk menyetujui menjadi anggota tim penelitian/ ABDIMAS di situs SIPENAMAS?
A: Lakukan langkah berikut: (1) login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id; (2) pada MODUL PENELITI, klik ‘Kesediaan Keanggotaan’; (3) pada windows ‘STATUS KESEDIAAN’, pilih Penelitian/ ABDIMAS yang akan menjadi anggota; (4) klik ‘VIEW/ UPDATE STATUS’; (5) klik nama; (6) klik ‘UPDATE STATUS/ KONFIRMASI; (7) pilih ‘BERSEDIA’.

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk untuk mendapatkan QR code pada lembar pengesahan penelitian/ ABDIMAS di situs SIPENAMAS?
A: Lakukan langkah berikut: (1) login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id; (2) pada MODUL PENELITI, klik ‘Pengajuan PENELITIAN’ atau ‘Pengajuan ABDIMAS’ dan melakukan klik pada Penelitian/ ABDIMAS pilih Penelitian/ ABDIMAS yang akan uploaod proposal; (3) klik ‘Lembar Pengesahan’; (4) klik ‘GENERATE DOCUMENT’ dan periksa kebenarannnya kkemudian klik ‘SET FINAL’; minta Dekan menyetujui Penelitian/ ABDIMAS yang akan dilakukan, maka QR code akan keluar dan copy dokumen akan secara permanen disimpan di server LPPM; (6) klik ‘UNDUH DOKUMEN’ untuk download dokumen dalam format WORD ke komputer dengan QR code berada di bagian bawah.

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk mengunggah proposal Penelitian/ ABDIMAS?
A: Pastikan bahwa proposal ANDA sudah disetujui oleh semua anggota Peneliti/ ABDIMAS, Dekan sudah menyetujui judul proposal & keanggotaan, ANDA mengunduh lembar pengesahan proposal yang sudah dilengkapi dengan QR code.

Q: Mengapa saya tidak dapat mendaftarkan diri sebagai ketua Peneliti atau ketua ABDIMAS?
A: Mohon di check apakah ANDA mempunyai tanggungan yang masih belulm terselesaikan dari periode yang sebelumnya (1 – 4 tahun sebelumnya). Mohon tanggungan tersebut diselesaikan dahulu sebelum melakukan penelitian/ ABDIMAS selanjutnya.

Q: Mengapa saya tidak dapat mendaftarkan teman sejawat saya sebagai anggota Peneliti/ ABDIMAS?
A: Mohon di check apakah teman sejawat mempunyai tanggungan yang masih belulm terselesaikan dari periode yang sebelumnya (1 – 4 tahun sebelumnya). Mohon tanggungan tersebut diselesaikan dahulu sebelum melakukan penelitian/ ABDIMAS selanjutnya.

Q: Saya dahulu hanya sebagai anggota Penelitian/ ABDIMAS sebelumnya dan tidak tahu menahu tentang Penelitian/ ABDIMAS tersebut. Mengapa sekarang saya harus menanggung penyelesaian proyek tersebut?
A: Penyelesaian proyek Penelitian/ ABDIMAS adalah tanggung jawab bersama antara ketua dan anggota, bukan hanya ketua.

Q: Berdasarkan informasi pada SIPENAMAS®, Penelitian/ ABDIMAS kami sudah diseujui oleh LPPM. Bagaimana cara mancairkan dana Penelitian/ ABDIMAS yang sudah disetujui oleh LPPM?
A: Dana yang sudah tersedia untuk Penelitian/ ABDIMAS dapat diambil di kantor yayasan pada jam kerja dan hari yang sudah ditentukan. HANYA KETUA yang dapat mencairkan dana tersebut dengan membawa tanda terima pencairan yang sudah ditanda tangani di atas meterai (kalau dibutuhkan).

Q: Berdasarkam peraturan, mahasiswa harus dilibatkan dalam Penelitian dan ABDIMAS. Bagaimana caranya dan apakah sebagai anggota Peneliti/ ABDIMAS?
A: Proposal Penelitian/ ABDIMAS ditulis oleh tim dosen dan tidak melibatkan mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa dilakukan pada saat persiapan & pelaksanaan Penelitian/ ABDIMAS. Keterlibatan mahasiswa akan dituliskan pada lembar pengesahan laporan akhir Penelitian/ ABDIMAS. Keterlibatan mahasiswa pada ABDIMAS adalah wajib, sedangkan keterlibatan mahasiswa pada Penelitian adalah optional.