FAQ SIPENAMAS®

Ini adalah pertanyaan umum seputar SIPENAMAS®® dari para peneliti dan pelaksana ABDIMAS. Mohon di llihat disin dahulu sebelum menanyakannya ke LPPM.

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk mengajukan proposal penelitian/ ABDIMAS di situs SIPENAMAS?
A: Lakukan langkah berikut: (1) login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id; (2) pada MODUL PENELITI, klik ‘Pengajuan PENELITIAN’ atau ‘Pengajuan ABDIMAS’ dan melakukan klik ‘Add’; (3) tuliskan judul Penelitian/ ABDIMAS, Skim penelitian, dan tambahkan nama anggota pada kelompok Penelitian/ ABDIMAS; (4) isi lengkap semua entry pada tab ‘DETAIL’; (5) klik ‘FINAL’ pada pojok kanan atas untuk mengindikasikan bahwa judul, anggaran, dan anggota sudah permanen; (6) beritahu semua anggota Penelitian/ ABDIMAS untuk bersedia menjadi anggota; (7) beritahukan DEKAN bahwa Anda akan melakukan Penelitian/ ABDIMAS agar menyetujuinya; (8) klik ‘Lembar Pengesahan’ untuk melihat isi dari lembar pengesahan terebut dan klik ‘Set Final’ untuk mendapatkan QR code dan download lembar pengesahan tersebut; (9) sisipkan lembar pengesahan tersebut pada proposal; (10) Upload proposal di SIPENAMAS.

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk menyetujui menjadi anggota tim penelitian/ ABDIMAS di situs SIPENAMAS?
A: Lakukan langkah berikut: (1) login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id; (2) pada MODUL PENELITI, klik ‘Kesediaan Keanggotaan’; (3) pada windows ‘STATUS KESEDIAAN’, pilih Penelitian/ ABDIMAS yang akan menjadi anggota; (4) klik ‘VIEW/ UPDATE STATUS’; (5) klik klik nama;; (6) klik ‘UPDATE SGATUS/ KONFIRMASI; (7) pilih ‘BERSEDIA’.

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk untuk mendapatkan QR code pada lembar pengesahan penelitian/ ABDIMAS di situs SIPENAMAS?
A: Lakukan langkah berikut: (1) login ke SIPENAMAS lewat situs lppm.ukwms.ac.id; (2) pada MODUL PENELITI, klik ‘Pengajuan PENELITIAN’ atau ‘Pengajuan ABDIMAS’ dan melakukan klik pada Penelitian/ ABDIMAS pilih Penelitian/ ABDIMAS yang akan uploaod proposal; (3) klik ‘Lembar Pengesahan’; (4) klik ‘GENERATE DOCUKEN’ dan periksa kebenarannnya; (5) klik ‘SET FINAL’ maka QR code akan keluar dan copy dokumen akan secara permanen disimpan di server LPPM; (6) klik ‘UNDUK DOKUMEN’ untuk download dokumen dalam format WORD ke komputer.

Q: Bagaimana cara/ prosedur lengkap untuk mengunggah proposal Penelitian/ ABDIMAS?
A: Pastikan bahwa proposal ANDA sudah disetujui oleh semua anggota Peneliti/ ABDIMAS, Dekan sudah menyetujui judul proposal & keanggotaan, ANDA mengunduh lembar pengesahan proposal yang sudah dilengkapi dengan QR code.

Q: Mengapa saya tidak dapat mendaftarkan diri sebagai ketua Peneliti atau ketua ABDIMAS?
A: Mohon di check apakah ANDA mempunyai tanggungan yang masih belulm terselesaikan dari periode yang sebelumnya (1 – 4 tahun sebelumnya). Mohon tanggungan tersebut diselesaikan dahulu sebelum melakukan penelitian/ ABDIMAS selanjutnya.

Q: Mengapa saya tidak dapat mendaftarkan teman sejawat saya sebagai anggota peneliti?
A: Mohon di check apakah teman sejawat mempunyai tanggungan yang masih belulm terselesaikan dari periode yang sebelumnya (1 – 2 tahun sebelumnya). Mohon tanggungan tersebut diselesaikan dahulu sebelum melakukan penelitian/ ABDIMAS selanjutnya.

Q: Saya dahulu hanya sebagai anggota Penelitian/ ABDIMAS sebelumnya dan tidak tahu menahu tentang Penelitian/ ABDIMAS tersebut. Mengapa sekarang saya harus menanggung penyelesaian proyek tersebut?
A: Penyelesaian proyek Penelitian/ ABDIMAS adalah tanggung jawab bersama antara ketua dan anggota, bukan hanya ketua.

Q: Berdasarkan informasi pada SIPENAMAS®, Penelitian/ ABDIMAS kami sudah diseujui oleh LPPM. Bagaimana cara mancairkan dana Penelitian/ ABDI?MAS yang sudah disetujui oleh LPPM?
A: Dana yang sudah tersedia untuk Penelitian/ ABDIMAS dapat diambil di kantor yayasan pada jam kerja dan hari yang sudah ditentukan. HANYA KETUA yang dapat mencairkan dana tersebut dengan membawa tanda terima pencairan yang sudah ditanda tangani di atas meterai (kalau dibutuhkan).

Q: Berdasarkam peraturan, mahasiswa harus dilibatkan dalam Penelitian dan ABDIMAS. Bagaimana caranya dan apakah sebagai anggota Peneliti/ ABDIMAS?
A: Proposal Penelitian/ ABDIMAS ditulis oleh tim dosen dan tidak melibatkan mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa dilakukan pada saat persiapan & pelaksanaan Penelitian/ ABDIMAS. Keterlibatan mahasiswa akan dituliskan pada lembar pengesahan laporan akhir Penelitian/ ABDIMAS. Keterlibatan mahasiswa pada ABDIMAS adalah wajib, sedangkan keterlibatan mahasiswa pada Penelitian adalah optional.