Workshop Manajemen Kinerja dan Implementasi Inovasi di UNMER Malang

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII mengadakan Workshop Manajemen Kinerja Inovasi, yang terdiri dari 5 angkatan dimulai pada angkatan pertama hari Kamis, 18 November 2021, berlokasi di Universitas Merdeka Malang. Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yakni Ketua LPPM UKWMS, Bapak Hartono Pranjoto, Wakil Ketua LPPM UKWMS Ibu Robik Anwar Dhani, Kepala Sentra KI UKWMS Ibu Siti Mina Tama, juga Ketua Pusat Inovasi LPPM UKWMS, Yuliasti Ika Handayani.

Peningkatan inovasi nasional merupakan salah satu kunci peningkatan daya saing bangsa, di mana salah satu indikator utamanya adalah jumlah hasil riset yang menjadi inovasi. Pada pertemuan ini dibahas mengenai kegelisahan yang dihadapi oleh banyak perguruan tinggi yakni terlalu banyak penelitian namun minim inovasi. Oleh karena itu Katsinov hadir untuk mengevaluasi sudah sejauh mana kesiapan inovasi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi. Penyelenggaraan manajemen inovasi oleh perguruan tinggi mutlak diperlukan sebagai upaya dalam mendorong inovasi nasional.

Selain itu, dalam workshop yang berlangsung selama 1 hari ini, membahas mengenai kebijakan inovasi yang saat ini sedang dikerjakan antara lain membangun/mengembangkan kapasitas inovatif setiap simpul, meningkatkan aliran pengetahuan dalam dan antarfungsi dalam sistem inovasi yang juga berarti meningkatkan proses pembelajaran dalam sistem, memperkuat hubungan dan keterkaitan rantai nilai vertikal dan horizontal antar fungsi/kegiatan/proses produksi, litbang, adopsi, dan difusi (termasuk komersialisasi) dan fungsi/kegiatan/proses penunjang dalam sistem inovasi.