Serbuk Kulit Pisang Sebagai Bahan Baku Pangan Baru

(LPPM-22/06/21) Buah pisang merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan sangat digemari untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Buah pisang yang kaya vitamin dan nutrisi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Limbah dari buah pisang salah satunya adalah kulit pisang. Kulit pisang dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan, salah satunya yakni untuk serbuk kulit pisang yang digunakan sebagai kopi kulit pisang.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bekerjasama dengan Fakultas Farmasi dan tim Fakultas Teknologi Pertanian melakukan kegiatan peninjauan serbuk kulit pisang dalam rangka pengkajiannya sebagai bahan baku pangan baru.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 18 Juni 2021 yang dihadiri Wakil Dekan 2 Fakultas Farmasi, tim Kopi Kupi, tim dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian, tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan tim dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan. Acara ini dibuka oleh Hartono Pranjoto, Ph.D. selaku Ketua LPPM dan Wakil Dekan 2 Fakultas Farmasi, berikut nya diberikan pengarahan tentang “Pengawalan Inovasi Pangan Olahan Lokal Spesifik Daerah” oleh Dra. Yunida Nugrahanti Soedarto, Apt., MP. selaku Direktur Standarisasi Pangan Olahan BPOM. Selain itu juga diberikan pengarahan tentang “Pedoman Pengkajian Bahan Baku Pangan” oleh Yeni Restiani, S.Si, Apt. selaku Koordinator Kelompok Substansi Standarisasi Bahan Baku, kategori Informasi Produk, dan Harmonisasi Standar Pangan Olahan.

Acara berlanjut dengan diskusi dan tanya jawab dengan tim dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian dan tim kopi kulit pisang. Selepas diskusi dan tanya jawab, seluruh peserta bersama sama meninjau ke Laboratorium Formulasi dan Teknologi Solida untuk melihat secara langsung proses pembuatan kopi kulit pisang. Kegiatan ini merupakan suatu prestasi untuk meningkatkan kualitas penelitian dan inovasi yang dipersembahkan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.