Post-G

POST G, Aplikasi Gratitude Journal Binaan WM, Lolos Ikuti Dslaunchpad 3.0

Post-G, Gratitude Journal F.PSIKOLOGI LOLOS IKUTI INKUBASI INTENSIF DSLAUNCHPAD 3.0

Salah satu tim binaan Pusat Inovasi LPPM UKWMS yang berasal dari Fakultas Psikologi, lolos dalam seleksi program inkubasi bisnis DSLaunchPad 3.0, yang merupakan program kolaborasi Daily Social dan Amazon Web Service (AWS) Indonesia. Program ini merupakan program akselerasi start up dalam kurun waktu 4 minggu dalam format inkubasi intensif juga pembinaan mentoring dari pakar-pakar dari industri teknologi di Indonesia. Inkubasi dimulai pada tanggal 25 Oktober 2021 dan akan berakhir pada 19 November 2021. Terdapat 110 tim yasng ikut serta dalam program ini, dan lolos seleksi, dari total 400 pendaftar dari seluruh Indonesia.

 

Post-G, merupakan aplikasi yang digagas oleh Chris Ophyra Jeremiah, Jennifer Averina Hadinata, dan Helen Susanti. Post-G yang diikutkan dalam program DSLaunchPad 3.0 ini, merupakan aplikasi android berupa jurnal kebersyukuran (gratitude journal). Post-G dikembangkan pada pertengahan tahun 2021 di bawah naungan Pusat Inovasi LPPM UKWMS, dan dibimbing oleh Deatri Arumsari Agung, S.E., M.Sc., dosen Fakultas Bisnis UKWMS, dan dimentori oleh Samsul Qomar, founder Agendakota.id.

 

Keresahan yang mendasari munculnya aplikasi Post-G adalah karena banyak sekali orang mengidap gangguan mental dan hal ini diperkirakan meningkat setiap tahun. Dari data World Health Organization (2019) sekitar 300 juta orang mengidap depresi di seluruh dunia dan setiap 40 detik terjadi kasus bunuh diri di seluruh dunia yang diakibatkan oleh depresi. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 15.6 juta yang mengalami depresi. Banyak sekali orang yang selalu lupa untuk mengucap syukur dan lebih sibuk untuk membandingkan keadaan yang sedang mereka alami dengan keadaan orang lain yang menurut pandangan mereka lebih beruntung. Maka salah satu solusi agar orang berperilaku positif dan menyenangkan serta dapat menikmati hidup dengan lebih enjoy, seseorang perlu untuk memiliki perasaan positif dan happy dalam hidup ini. Perasaan tersebut bisa

didapatkan dengan salah satu cara yaitu diperlukan rasa syukur yang dapat dilakukan rutin, sehingga membuat aplikasi gratitude journal yang bernama Post-G dengan kepanjangan be positive be grateful. Dengan menggunakan aplikasi ini seseorang akan lebih mudah untuk menuliskan gratitude journal mereka secara rutin

 

Pada sesi materi DSLaunchPad 3.0, tim diberi materi-materi seputar market validation, kesesuaian produk dengan pasar, bagaimana teamwork dapat berjalan efektif, serta mempersiapkan jika start up bertemu dengan investor maka start up tersebut telah memenuhi kriteria penggalangan dana di tahap berikutnya. Support penuh diberikan kepada Chris Ophyra Jeremiah, Jennifer Averina Hadinata, dan Helen Susanti secara khusus oleh dekan Fakultas Psikologi, Agnes Maria Sumargi, Ph.D atas karya yang dihasilkan oleh mahasiswa. Pusat Inovasi sebagai wadah pembinaan bisnis mahasiswa berharap ke depannya akan lebih banyak lagi ide-ide yang dapat direalisasikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.