Buka Wawasan Tentang Brand Lokal yang Berdaya Saing ft. Brand Adventure Indonesia

Roadshow kedua program Business Ignition Widya Mandala sudah berlangsung pada hari Sabtu, 26 Februari 2022. Kali ini LPPM UKMWS mengundang seorang brand aktivis Indonesia yang sudah 20 tahun melanglang buana seluruh daerah di Indonesia. Arto Biantoro, yang dikenal dengan Mas Arto yang merupakan founder dari Brand Adventure Indonesia, hadir secara virtual di roadshow ini dan membagikan pengalamannya, dengan topik webinar “From Local to Global”.
Acara dimulai pukul 10 pagi dan dibuka dengan sambutan dari Ketua LPPM UKWMS, Bapak Hartono Pranjoto yang juga memberikan support kepada mahasiswa untuk meningkatkan antusias dalam berwirausaha. Dipandu oleh Bapak Andy Pratama Sulistyo dari Fakultas Kewirausahaan, paparan materi dan tanya jawab berjalan dengan menarik. Dalam waktu kurang lebih 40 menit, kepada sekitar 400 orang mahasiswa Arto Biantoro memaparkan sepak terjangnya dalam road tournya meningkatkan UMKM dan brand lokal untuk bisa meningkatkan kapasitasnya secara khusus dalam upaya branding.

Arto Biantoro juga menceritakan beberapa brand lokal yang ditemui, brand artisan yang saat ini juga menjadi opsi para wirausaha, untuk membuat produksi yang sedikit namun memiliki pasar. Segmented, itulah kunci penting produk. “Jadilah nomor satu di satu lingkup kecil terlebih dahulu, jadilah nomor satu di lingkup tersebut, bangun branding di skala kecil dahulu”.

Salah satu pelajaran yang berkesan diberikan kepada mahasiswa adalah bagaimana upaya branding ini tidak hanya bermakna sebagai “sumber profit”, bukan lagi sebagai cara untuk menjadi kaya raya, tapi bagaimana brand bisa menjadi dampak bagi banyak orang.  Model kewirausahaan seperti inilah yang perlu dikembangkan, kewirausahaan yang berbasis circular economy, demikian pesan dan harapan Arto Biantoro.

Roadshow ini adalah roadshow yang terakhir sebelum tahap pengumpulan proposal Business Ignition yang akan berjalan di bulan Maret 2022. Harapannya dari dua roadshow yang sudah terlaksana adalah minat dan antusiasme mahasiswa dalam mengikuti program kewirausahaan yang mendapat support penuh dari universitas ini semakin meningkat.