UKWMS bersama Dusun Mondoroko (Malang) membuat Sistem Pemompa Air dan Penyiram Lahan Pertanian Tenaga Surya

Dosen dan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, pada skim Program kemitraan Masyarakat (PKM) tahun pendanaan 2022, dengan judul ” PKM Pemompa Air Bertenaga Surya – Hibrid untuk Tani Sawi sebagai Implementasi MBKM di Dusun Mondoroko Desa Banjararum, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

 

(Gambar 1)                                                      (Gambar 2)

Serah terima alat Pemompa Air dan Penyiram Lahan Pertanian Tenaga Surya – Hybrid untuk Tani Sawi, kepada Kepala Dusun Mondoroko, Kelompok Wanita Tani dan Ketua BPD Desa Banjararum. (Gambar 1), (kiri-kanan, Dr. Dyna Rachmawati,CA.,Ak. (anggota pelaksana), Bapak Solehudin (BPD), Bapak Solehuddin (Kepala Dusun Mondoroko), Bapak Firman (Ketua BPD Desa Banjararum), Ir. Dra. Adriana Anteng A.,M.Si.,IPU. (Ketua pelaksana kegiatan), Ibu Ami (Kelompok Wanita Tani), Ir. Andrew Joewono,ST.,MT.,IPU., ASEAN Eng. (anggota pelaksana) (Gambar 2)

Sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan PKM tersebut, dimulai dari perangkaian peralatan dan uji pakai, implementasi pada lokasi lahan tani, hingga masa panen tanaman sawi  dan serah terima peralatan, Rabu (5 Oktober 2022).

Pengabdian PKM tersebut berupa pembuatan Pemompa Air dan Penyiram Lahan Pertanian Tenaga Surya – Hybrid untuk Tani Sawi dibawah koordinasi Badan Permusyawaratan Desa dan Kelompok Wanita Tani (KWT) tersebut. Ada beberapa strategi yang akan dilakukan : 1. KWT akan melakukan budidaya pembibitan tanaman sawi dan menyebarkan bibit kepada anggota untuk di besarkan pada lokasi masing-masing, 2. KWT akan membesarkan bibit di lahan pembibitan dengan  menggunakan peralatan yang terimplementasi, pemasaran akan dilakukan langsung diambil/dibeli oleh pengepul pedagang sayuran. Dengan strategi yang dijalankan, akan membuka peluang usaha bagi generasi muda, ibu-ibu rumah tangga, atau pun generasi purna tugas.

 

Pembuatan Sistem Pemompa Air dan Penyiram Lahan Pertanian Tenaga Surya – Hybrid untuk Tani Sawi di Dusun Mondoroko Desa Banjararum, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur, 17-18 September 2022

Kegiatan pengabdian ini dibuka oleh Ibu Ami, selaku ketua dan pelaksana harian KWT dusun Mondoroko, Bapak Firman Hariadi, selaku BPD desa Banjararum, dan dihadiri Ibu Adriana Anteng A., sebagai ketua tim pelaksana kegiatan, serta Bapak Solehhudin, sebagai Kepala Dusun Mondoroko.

Dalam sambutannya, Ibu Ami, selaku KWT berjanji akan menjaga dengan menggunakan peralatan untuk proses budidaya tanaman sawi beserta KWT tersebut,  dan menggunakan peralatan semaksimal mungkin. Bapak Firman Hariadi, selaku Ketua BPD Desa Banjararum, berjanji akan menjaga dan mengembangkan sistem peralatan tersebut, dengan memberika edukasi pada generasi muda di lingkungan dusun dan desa tersebut, sehingga perekonomian masyarakat dusan serta desa diharapkan dapat meningkat.

Ketua pelaksana, ibu Anteng Anggorowati, menceritakan, program kemitraan ini adalah suatu bentuk kegiatan perguruan tinggi yang dilakukan secara nyata untuk mencari solusi dari permasalahan masyarakat, terutama dalam masa kebangkitan setelah masa pandemi covid-19, yang sangat memukul perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu perguruan tinggi sebagai tonggak berpikir harus bergerak untuk mencari solusi, dengan membuat alat pembantu dalam budidaya yang dapat meningkatkan nilai ekonomi, terutama keluarga, tim pelaksana dibentuk dari unsur ilmu yang berbeda untuk saling melengkapi, Dyna Rachmawati dari ilmu manajemen bisnis, Andrew Joewono dari ilmu elektronika dan teknologi tepat guna, serta para mahasiswa, Varra Dinda, Yerry Topan Arisandhy, Silvester Harjuna Iwangga, Fian Agustino W., sebagai generasi muda penerus bangsa, akhir kata ketua pelaksana, mengungkapkan bahwa peralatan yang dihibahkan ini merupakan hasil penelitian yang dihilirisasikan kepada masyarakat dan berdampak peningkatan ekonomi masyarakat, dengan budidaya tanaman sawi.

Kegiatan diseminasi ini, merupakan kegiatan untuk mensosialisasikan alat hasil penelitian “Pompa air tenaga Surya-Hybrid”, tujuan dibuat alat ini, dapat melakukan pemenuhan energi listrik untuk menggerakkan pompa sedot dan pompa tekan untuk melakukan penyiraman (sprinkel) tanaman sawi, dari konversi energi matahari menjadi energi listrik. Daya listrik yang dihasilkan dari panel surya sebesar 3600  wp, bisa memenuhi kebutuhan pompa air hingga 1500 watt, secara langsung, dengan menggunakan inverter solar water pump 1.5kw. Waktu efektif alat ini dapat dipergunakan, sesuai dengan kekuatan sinar matahari, berkisar antara jam 08.00 hingga 14.30, sehingga peralatan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air yang diperlukan dalam pertumbuhan tanaman sawi

Kegiatan ini akan terus dilanjutkan dengan pendampingan di lapangan, dengan memberikan pendampingan dan pelatihan manajemen bisnis dan pengembangan pemasaran.

Penulis, Andrew Joewono – 08165451335