Kegiatan Workshop “Membuat Konten Kreatif Instagram untuk Promosi Bisnis”

Dalam upaya membekali mahasiswa dengan skill pemasaran produk, Pusat Inovasi LPPM UKWMS menggelar kegiatan workshop. Kegiatan ini meresponi tren saat ini untuk meningkatkan kemampuan pemasaran yang populer di beberapa tahun terakhir yaitu pemasaran digital. Pemasaran digital merupakan suatu usaha pemasaran produk melalui jaringan internet (online). Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan digital marketing sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk mereka melalui berbagai platform (website, media sosial, online advertising, marketplace, juga email marketing). Penggunaan digital marketing diterima dan direspon cepat oleh perusahaan maupun konsumen karena kemudahan dalam melakukan targeting calon konsumen.

Dalam pemasaran digital, diperlukan salah satu kekuatan yakni membuat konten visual. Pengembangan konten saat ini tidak hanya untuk promosi tetapi meningkatkan brand awareness. Workshop yang digelar pada hari Jumat, 21 Oktober 2022 ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam membuat konten terutama di platform Instagram untuk promosi.

Workshop berlangsung dari pukul 12.00 hingga 15.30 dan diikuti oleh mahasiswa dari seluruh fakultas UKWMS, antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Kewirausahaan, dan Fakultas Psikologi. Bersama senior social media designer, Marvin Sapulete, mahasiswa memperoleh pengetahuan terkait konten visual, mengetahui strategi penting dalam membuat desain feeds untuk Instagram, serta melakukan praktik pembuatan konten untuk konten bisnisnya.

Antusias peserta nampak dari sesi praktek, ketika setiap peserta diberi tugas membuat konten visual menggunakan tools Power Point. Bagi beberapa mahasiswa ini merupakan hal baru, karena biasanya Power Point digunakan  untuk membuat presentasi, namun ternyata bisa dikulik lebih dalam lagi hingga membuat konten Instagram. Acara berakhir dengan evaluasi pekerjaan masing-masing peserta dan pemberian reward peserta dengan desain terbaik pilihan Bapak Marvin.